THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 26 Mei 2010

cara membuat body motor sendiri..

MEMBUAT BODY MOTOR DENGAN BAHAN FIBERGLASS

PENGENALAN BAHAN :

Sebelum kita membuat bodi motor yang kita inginkan, harus mengenali dahulu bahan-bahan yang di perlukan dalam proses pembuatan body motor yang terbuat dari fiberglass nanti. Berikut adalah nama bahan-bahannya serta ciri-cirinya :

Katalis : Cair, berwarna bening, baunya sangat menyengat, sering disebut juga hardener, berfungsi sebagai pengering saat dicampur resin. penggunaan katalis 1% dari resin dalam kondisi dingin. kalau cuaca panas cukup 0.8% dari resin.

Pigmen/Pewarna : Berbentuk kental atau pasta. manfaatnya untuk memberi warna atau sebagai perwarnaan dasar dr adonan fiberm sehingga saat finishing dan pengecatan, fiber tidak memerlukan banyak cat. tersedia dlm berbagai warna. pigmen dicampur pada resin dengan komposisi sesuai kebutuhan : dibuat pekat atau hanya samar-samar.

Resin : wujudnya cairan kental seperti oli berwarna putih kekuning-kuningan atau pink, berbau sangat menyengat. resin berguna sebagai bahan dasar fiber atau campuran perekat. zat ini diadon bareng katalis, tapi komposisinya lebih banyak daripada katalis.

Talc/Powder : berbentuk bubuk seperti bedak atau tepung berwarna putih. lazimnya difungsikan sbg dempul atau campuran adonan fiber, bahan ini dipakai untuk membantu proese produksi fiber agar tidak terlalu banyak memakai resin. intinya, bubuk ini digabung dengan resin dengan komposisi tertentu. umumnya talk juga diisebut kalsium karbonat.

Fumed silica : berwujud bubuk bening sangat halus seperti kapas, berguna sbg campuran resin untuk membuat permukaan fiber lebih keras, terutama saat membuat master cetakan. ada beberapa merk seperti Hdk.

Matt : Bentuknya anyaman benang-benang halus berwarna putih. berguna sebagai bahan pembentuk fiber dan mengikat zat kimia adonan.

Roving/Matt : ini juga material pengikat. sekaligus penguat fiber. bentuknya juga anyaman seperti matt, hanya lebih kasar seperti karung. ada ukuran 200, 400,600,800

Cobalt : Berupa zat cair bening yang memiliki aroma menyengat. kegunaannya mirip katalis, tapi untuk mempercepat pengeringan. cobalt akan bereaksi panas jika kena katalis. makanya resin yang sudah ada cobaltnya jika terkena katalis akan panas. pakenya 0,1 – 0,2 persen dari resin.

Mirror Glaze/MGH 8 : berbentuk pasta atau krim agak padat,seperti compound dan dimanfaatkan sebagai pelapis antara bidang mal atau cetakan dan material adonan fiber sehingga kedua bagian tadi tidak saling menempel.

PVA : Mirip mirror glaze. bahan ini juga berfungsi sebagai pelapis antara mal dan adonan fiber untuk produksi massal. penggunaanya bisa digabung dengan mirror atau mengganti fungsi mirror.
Setelah kita mengetahui dan hafal di luar kepala nama bahan – bahan pembuat fiberglass yang di perlukan.. Mari kita lanjutkan ketahap berikutnya.

MERAMU ADONAN DASAR

Untuk yang sederhana, kita pakai tiga bahan dasarnya terlebih dahulu seperti Resin, Matt, dan katalis. ketiga bahan tadi sudah bisa bikin fiberglass, tetapi tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas fiberglass, makin lengkap bahannya pasti makin bagus kualitasnya asalkan komposisi dan takarannya tepat.

Prosesnya :
Siapkan ketiga bahan fiber yang disebutkan diatas.
Sediakan alat bantu; wadah khusus untuk mengaduk adonan, sebatang besi atau kayu/plastik untuk mengaduk, kuas kecil, dan gerinda atau alat potong.
sekarang tuangkan resin di dalam wadah yg sudah disediakan. kira2 1/2 gelas air mineral ukuran 200ml. lalu beri katalis 1 tetes atw secukupnya, adonan jgn terlalu encer atw terlalu kental, jadi sedang2 saja. semakin banyak diberi katalis maka akan semakin encer adonannya.
sampai situ, adonan sudah jadi dan siap dipakai.
Berikutnya, langkah pencetakan, pilih, benda apa yang mau dibentuk. oke, untuk praktik ini contohnya kita bisa pake bodi belakang motor asli. tandai bagian yang akan dicetak menggunakan isolasi plastik warna coklat. hati2 terhadap adonan jgn sampai menempel pd cat, karena akan merusak cat. maka solusinya sediain banyak koran deh untuk nutupin setiap bagian yg rawan terkena tetesan adonan.
Jika permukaan sudah tertutup rapi, letakan matt di bagian itu lalu poleskan adonan secara merata dgn kuas kecil. lakukan perlahan sampai semua permukaan yang akan dicetak tertutup rapi. jd harus kelihatan basah.
Kalo semua sudah tertutup adonan, tunggu sampai kering.
Bila sudah kering atau mengeras, copot cetakan fiber itu. klo msh 1 lapis biasanya tidak terlalu sulit dilepas, beda kalo sudah 2-3 lapis, lepasnya harus pake obeng minus.
Untuk finishing agar kelihatan bagus maka rapikan ujung-ujungnya pake gerinda, setelah itu dicat deh, selesai.
Proses diatas itu hanya meng-kopi bentuk dr bodi motor aja, jd klo pengen bikin bodi motor sesuai imajinasi maka tentunya harus bisa bikin cetakan sendiri yg sesuai dengan imajinasi itu sendiri. cara diatas jd tidak berlaku.

MEMBUAT CETAKAN CUSTOM
Berikut adalah beberapa cara membuat cetakan, yaitu:
Karton,duplex dll : Karton ditempelin di bodi motor, atau rangka motor dibentuk sesuai keinginan.

biasanya kurang rapih klo kita bikin manual, so klo bisa desain, coba menggunakan software seperti LIGHTWAVE 3D atau 3DsMax. Bikin desainnya di komputer, lalu print. hasilnya pasti lebih bagus.
Tanah liat : Proses pembuatannya seperti membuat kerajinan gerabah (pot, kendi dsb). Dibentuk sesuai keinginan kita setelah itu kita tempelin dengan adonan fiber.
Silikon : cocok untuk cetakan body/bentuk sulit yang banyak tekukan dan tanpa sambungan, bahan ini dapat dicari di toko kimia, ukurannya per kaleng. Dan harganya sekitar 60 ribuan.

Bubuk gypsum : Lebih praktis, bubuk gybsum dicampur air. Lalu tempel ke motor body motor yang ingin dimodif, tunggu 10 menit sampai agak keras. Setelah itu pelan-pelan dipapas menggunakan sejenis penggaris besi hingga jadi bentuk motor diinginkan….setelah itu bikin malnya pake fiberglass.

Contoh body custom yang di buat dari fiberglass :

0 komentar: