THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 28 Mei 2010

Alan: Atlet Indonesia Memiliki Bakat Alami

Kudus (ANTARA) - Mantan pebulu tangkis nasional, Alan Budikusuma, mengatakan atlet Indonesia memiliki bakat alami, sementara pemain dari luar negeri tidak mempunyai kemampuan seperti itu.
"Dengan adanya bakat alami tersebut seharusnya lebih mudah dalam mendapatkan bibit baru di bidang perbulutangkisan. Bahkan, jumlah peserta setiap ada kejuaraan bulu tangkis di tanah air selalu membeludak," katanya di Kudus, Jumat.
Menurut dia, kondisi tersebut dapat menjaring atlet berkualitas sebanyak-banyaknya, sekaligus mendukung proses regenerasi pebulu tangkis Indonesia agar tidak terputus.
Di negara luar, kata dia, kemampuan atlet bulu tangkis memang dibentuk, bukan sebagai bakat alami. "Hanya saja, bangsa ini belum memanfaatkan keunggulan tersebut," katanya menandaskan.
Kegagalan Indonesia menjadi juara pada sejumlah kejuaraan bulu tangkis tingkat dunia pada tahun ini, menurut dia, salah satu faktornya adalah proses regenerasi yang terputus sementara.
"Hal ini bisa dilihat dari jumlah atlet yang sering tampil di kejuaraan level dunia cenderung tidak berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Artinya, kemampuan atlet junior dinilai belum menyamai atau mendekati pendahulunya," katanya.
Padahal, lanjut dia, kondisi serupa juga dialami negara lain. Bahkan, mereka hingga sekarang masih mengandalkan atlet senior di setiap kejuaraan kelas dunia.
"Hanya saja, negara luar lebih beruntung karena mampu memanfaatkan kondisi tersebut untuk bisa merengkuh juara," ujarnya.
Minimnya prestasi bulu tangkis Indonesia saat ini, kata dia, tidak hanya karena faktor proses regenerasi, tetapi kesempatan bertanding di level dunia bagi atlet junior minim sehingga pengalaman bertandingnya juga minim. "Hal ini tentu terkait dengan kondisi keuangan yang ada," ujarnya.
Ia berharap pembinaan atlet bulu tangkis di Tanah Air mendapat dukungan dana dari pemerintah sehingga atlet muda Indonesia memiliki kesempatan bertanding di setiap even dunia.
Masalah Dana
Kegagalan proses regenerasi di tingkat junior, diduga kuat karena masalah dana, mengingat pertandingan di level pertama masih sering ditanggung orang tua masing-masing atlet.
Tak pelak, jumlah atlet yang benar-benar bertekad meneruskan keahliannya di bidang bulu tangkis terbatas karena disesuaikan dengan bujet yang diperoleh dari orang tua atau sponsor.
Alan lantas mencontohkan China. Negara ini justru memberikan alokasi dana untuk pembinaan olahraga, bahkan khusus bulu tangkis anggarannya relatif cukup besar.
"Mereka berpendapat, pembinaan olahraga akan menjadi faktor penentu kualitas rakyatnya. Filosofi mereka jasmani yang sehat, rohani pun dipastikan akan ikut sehat," ujarnya.
Artinya, dukungan dana yang besar pada bidang olahraga tidak hanya untuk mencapai prestasi di tingkat dunia, tetapi untuk menjamin setiap warganya sehat secara jasmani dan rohani, paparnya.
Sementara itu, Susi Susanti yang juga mantan pebulu tangkis nasional, menegaskan bahwa bantuan pemerintah sangat diharapkan, terutama dalam bentuk dana pembinaan atlet muda berbakat.
"Biaya pembinaan atlet bulu tangkis memang tidak sedikit dan untuk mencetak atlet berkualitas yang bisa mengharumkan nama bangsa juga butuh waktu yang lama," ujarnya.
Dengan adanya Kementerian Pemuda dan Olahraga, kata dia, seharusnya turut memberikan dukungan terhadap pebulu tangkis Indonesia untuk bisa meraih kejayaannya kembali.
Terkait dengan sejumlah fasilitas modern yang diberikan kepada atlet di masing-masing klub, Susi menilai cukup memberikan kenyamanan para atlet, dan dia berharap bisa menjadi penunjang prestasi mereka.
"Kenyataannya, fasilitas yang nyaman bagi atlet justru membuat mereka manja," ujarnya.
Kondisi tersebut menjadi tantangan bagi para pelatih untuk mencetak atlet yang berprestasi dengan fasilitas lengkap tersebut. "Selain menjadi tantangan, pelatih juga harus termotivasi untuk berinovasi menghasilkan atlet berkualitas," ujarnya.
Jika dibandingkan dengan fasilitas para atlet terdahulu, kata dia, memang jauh lebih komplit sekarang. "Hanya saja, kita tidak perlu lagi membandingkannya dengan kondisi terdahulu. Saat ini, yang perlu dipupuk adalah semangat pantang menyerah untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi," ujarnya.
"Saya sedih dengan kondisi perbulutangkisan di Tanah Air saat ini karena minim prestasi. Mudah-mudahan kondisi ini menjadi cambuk semangat para atlet muda kita untuk berjuang meraih prestasi," ujarnya.
Hal senada juga pernah dikemukakan mantan pebulu tangkis nasional lainnya, Hastomo Arbi. Dia menganggap prestasi bulu tangkis Indonesia saat ini memang menurun jika dibandingkan dengan prestasi para pemain sebelumnya.
Ia mengatakan pebulu tangkis yang bertanding pada era sebelumnya memang cukup berkualitas dan memiliki semangat juang tinggi. "Hanya saja, aroma kompetisi tahun sebelumnya masih terbatas sehingga prestasi atlet bulu tangkis Indonesia cukup membanggakan," ujarnya.
Saat ini, kata dia, jumlah negara yang mengikuti pertandingan di bidang olahraga ini cukup banyak dan kualitas atlet masing-masing negara juga mulai meningkat.
"Hanya saja proses pembinaan atlet bulu tangkis di Tanah Air masih kurang maksimal, terbukti pada saat atlet senior mulai memasuki masa pensiun, kemampuan penerusnya justru belum sepadan atau minimal mendekati," ujarnya.
Hal tersebut, menurut dia, menandakan proses regenerasi belum maksimal sehingga perbedaan kemampuan antara atlet senior dengan junior cukup mencolok.
Tak pelak, pada saat atlet senior gantung raket, atlet junior tidak siap menghadapi persaingan dunia yang semakin ketat. "Dan, buruknya proses regenerasi atlet muda ini diperparah dengan minimnya kesempatan atlet junior mengikuti kompetisi di level dunia," katanya.

0 komentar: